Cara Menggunakan Aplikasi Gratis UN Online Mini-tes CBT


Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dalam istilah berbahasa Inggris disebut Computer Based Test (CBT) sukses digelar di beberapa daerah pada tahun kemarin. Meski masih ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki, UNBK terus digulirkan bahkan akan dijadikan program menyeluruh.

Untuk mengantisipasi kesalahan teknis, pemerintah telah menyediakan website khusus sebagai tempat latihan ujian online gratis. Bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini Paman akan jabarkan satu per satu.

Pertama, buka browser dan masuk ke alamat website minites.puspendik.org sampai terbuka halaman website seperti ditunjukkan gambar berikut.

Setelah itu, klik 'DAFTAR SISWA BARU' dan tunggu halaman berikut ini muncul di layar monitor.

Kemudian isilah formulir sesuai dengan data kita masing-masing. Ingat, kolom bertanda bintang (*) adalah kolom yang wajib diisi. Jika tidak diisi, maka pendaftaran tidak akan berhasil. Setelah semua terisi dengan benar, klik 'DAFTAR' lalu tunggu halaman berikut muncul.

Selanjutnya, kita akan sampai pada halaman login. Masuklah dengan username dan password yang sudah kita buat tadi pada saat mengisi formulir daftar siswa baru. Berikutnya, kita klik 'MASUK' dan halaman pilihan mata ujian akan muncul.
Berikutnya, pilihlah mata ujian yang akan kita kerjakan dengan mengklik salah satu tombol pilihan mata ujian Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau IPA. Setelah klik, halaman soal pertama akan muncul.

Untuk menjawab soal, klik pada lingkaran yang ada di sebelah kiri pilihan jawaban sampai muncul titik hitam di dalam lingkaran tersebut. Untuk melanjutkan ke soal nomor berikutnya, klik tanda panah '>' yang berada di sebelah kanan bawah. Untuk mundur ke soal sebelumnya, klik tanda panah '<' di tempat yang sama. Kerjakan soal sampai nomor soal terakhir.

Setelah mengerjakan soal nomor terakhir, klik 'Selesai' lalu klik 'OK' kemudian tunggu sampai muncul halaman survey.

Terakhir, jawablah pertanyaan survey sesuai dengan keadaan masing-masing lalu klik 'SIMPAN' maka akan muncul hasil ujian online yang kita kerjakan.


Itulah cara menggunakan aplikasi mini tes CBT untuk latihan UN online. Selamat berlatih untuk temah-teman peserta UN tahun ini dan semoga berhasil. Semangat!



Cara Menggunakan Aplikasi Gratis UN Online Mini-tes CBT Cara Menggunakan Aplikasi Gratis UN Online Mini-tes CBT Reviewed by Ugit Rifai on Saturday, November 21, 2015 Rating: 5

No comments:

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Powered by Blogger.