Begini Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris


Membaca jam atau menyebutkan waktu dalam Bahasa Inggris agak berbeda dengan Bahasa Indonesia. Berikut ini cara membaca jam dalam Bahasa Inggris.

Pertama, jika waktunya tepat atau pas (tidak lebih atau kurang), maka sebutkan angka jamnya dan diikuti dengan kata o'clock.
Contoh: 03:00 ---- It's three o'clock.

Kedua, jika waktunya lebih atau kurang, maka ada dua cara. Cara yang pertama adalah dengan menyebutkan angka jam dan menitnya.
Contoh: 03:15 ---- It's three fifteen.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan kata past dan to. Untuk waktu yang menitnya antara 1 sampai 30 menit, kita gunakan kata past. Caranya adalah dengan menyebutkan angka menitnya terlebih dulu kemudian diikuti denga kata past. Setelah itu, baru sebutkan angka jamnya.
Contoh: 04:30 ---- It's thirty past four.

Untuk waktu yang menitnya antara 31 sampai 59, kita gunakan kata to. Caranya adalah dengan menyebutkan angka menit sisanya terlebih dulu. Misalkan 45 menit, maka sisanya 15 menit karena 60 menit - 45 menit = 15 menit. Setelah itu sebutkan kata to. Terakhir, sebutkan angka jam sesudahnya. Misalkan jam 9, maka jam sesudahnya berarti jam 10.
Contoh: 09:45 ---- It's fifteen to ten.

Catatan:
15 menit bisa disebut a quarter
30 menit bisa disebut half
Contoh: 05:15 ---- a quarter past five
              07:30 ---- It's half past seven
              09:45 ---- It's a quarter to ten

Untuk lebih jelasnya, silakan tonton video YouTube berikut.


Begini Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris Begini Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris Reviewed by Ugit Rifai on Monday, January 16, 2017 Rating: 5

No comments:

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Powered by Blogger.